Atletico resmi ajukan protes wasit derby madrid

Kinerja wasit di Spanyol nampaknya masih akan terus menjadi bahan kontroversi. Kali ini, wasit Juan Martinez Munuera yang menjadi sorotan karena performanya dalam pertandingan derby kota Madrid dinilai sangat buruk.

Pihak Atletico Madrid merasa dirugikan dengan berbagai keputusan wasit dalam pertandingan panas itu. Mereka pun mengajukan protes resmi kepada pihak La Liga karena melihat wasit lebih berpihak kepada tuan rumah Real Madrid.

Ada beberapa insiden yang dipermasalahkan oleh Atletico. Yang paling utama adalah insiden penalti akibat handball Casemiro.

Pada babak pertama, Casemiro nampak menghentikan umpan silang Koke dengan tangan kananya. Para pemain Atletico langsung mengajukan protes, tapi wasit bergeming dan bahkan tak mau melihat tayangan ulang insiden itu.

Atletico Madrid mempertanyakan mengapa wasit tidak memeriksa tayangan ulang (VAR) dalam insiden penalti Casemiro itu. Normalnya, wasit akan memeriksa VAR jika ada indikasi peluang pelanggaran di kotak penalti.

Lalu juga ada beberapa insiden lainnya, terutama saat situasi bola mati. Para pemain Madrid dinilai kerap melanggar penggaa Atletico. Salah satunya adalah ketika Jose Gimenez didorong dengan sengaja oleh Sergio Ramos saat sama-sama mengantisipasi bola atas.

Setelah melihat kembali berbagai penggunaan dan konsultasi VAR dalam situasi yang serupa dalam banyak pertandingan, Atletico Madrid meminta klarisfikasi dari Komite Teknis Wasit terkait situasi ini,” tulis Atletico di akun Twitter resmi mereka.

Ada kebingunan besar yang disebabkan oleh kriteria yang berbeda-beda dalam menanggapi situasi yang sama. Ada wasit yang berinisatif melihat tayangan ulang di monitor. Ada wasit yang mengabaikannya meski telah terjadi kontroversi yang jelas.

Kami percaya klarifikasi ini akan penting untuk memfasilitasi kinerja para profesional. INi juga akan penting untuk menghindari kebingungan di pihak fans.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *