FIFA Akan Batasi Jumlah Peminjaman Pemain.

FIFA berencana membuat aturan terkait jumlah pemain yang dibisa dipinjamkan klub. Hal itu agar para klub tidak lagi menimbun para talenta mudanya.

Sejauh ini, ada banyak klub yang menimbun para pemain mudanya. Laporan France Football menyebut musim lalu Juventus meminjamkan 41 pemainnya, Udinese (27), Chelsea (22) dan Manchester City (18.

Dalam pertemuan di London, Selasa (25/9) waktu setempat, Komite Pemangku Kepentingan FIFA bersama Asosiasi Klub Eropa, Forum Liga Dunia, FIFPro dan anggota asosiasinya merumuskan hal baru terkait peminjaman pemain. Salah satunya adalah membatasi jumlahnya.

Dikutip dari Football-Italia, FIFA akan membatasi setiap klub cuma bisa meminjamkan enam pemain saja. Hal itu diharapkan membuat klub tidak bisa lagi menimbun pemain mudanya.

Kami telah membawa semua orang duduk bersama dan semua pelaku utama di industri ini memahami bahwa kami perlu mengambil tindakan, di mana hari ini kami mewacanakan proposal reformasi ini,” kata Presiden Gianni Infantino. “Ini adalah langkah pertama yang signifikan untuk mencapai transparansi yang lebih besar, penegakan aturan yang efektif yang akan memberikan jutaan pembayaran solidaritas kepada klub, dan mengembangkan konsensus tentang cara menangani masalah agen, pinjaman, dan aspek kunci lainnya dari sistem transfer,” jelasnya.

Proposal, yang sekarang akan diajukan ke Dewan FIFA untuk disetujui, juga termasuk terkait penciptaan ‘clearing house’, pengenalan wajib sistem transfer elektronik di tingkat nasional, peraturan baru dan kuat untuk agen dan kontribusi solidaritas untuk transfer domestik dengan sebuah ‘dimensi internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *